Yuk! ‘suntik Sehat’ Jaga Kekebalan Tubuh Di Masa Pandemi

“Ini lebih seperti flu yang buruk bagi warga yang lebih muda,” kata ilmuwan dan salah satu pendiri aplikasi Tim Spector. Hal ini dapat membuat orang berpikir bahwa mereka hanya mengalami flu ringan dan terus menjalani keseharian mereka dengan regular. “Orang dengan gejala ini harus tinggal di rumah dan menjalani tes,” kata Spector. Baik vaksin Pfizer-BioNTech dan AstraZeneca dianggap sedikit kurang efektif dalam mencegah rawat inap pada orang dengan varian Delta dibandingkan dengan mereka yang memiliki varian Alfa.

Stress dari kesibukan sehari-hari memang sulit untuk dihindari, namun dengan manajemen waktu yang baik, kita juga memberikan waktu pada tubuh untuk istirahat dan untuk mendapatkan energi baru. Meditasi dan relaksasi juga secara signifikan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vaksin bekerja dengan cara meniru agen penyakit—baik berupa virus, bakteri, maupun mikroorganisme lain yang bisa menyebabkan penyakit. Dengan meniru, vaksin ‘mengajarkan’ sistem kekebalan tubuh kita untuk secara spesifik bereaksi dengan cepat dan efektif melawan agen penyakit. Walaupun demikian, tentunya tidak semua kelompok lansia ‘boleh’ menerima Vaksin Sinovac. Oleh karena itu, sebelum pemberian vaksin, hendaknya lansia melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu untuk menentukan kelayakan mereka untuk menerima vaksin.

Namun secara keseluruhan, orgasme baik dengan pasangan maupun tidak, memiliki manfaat kesehatan lain. Dilansir dari KOMPAS.com, Jennifer Berman, MD, pakar kesehatan seksual, mencatat penelitian tersebut berfokus pada pengalaman pria, dan gairah seksual dapat memengaruhi tubuh wanita secara berbeda. “Untuk itu, mau tidak mau kita juga memang akan hidup berdampingan dengan virus. Namun perlu dipahami, apapun virusnya, yang terpenting adalah imunitas,” kata Dr. Erwin, Minggu (20/6).

Vaksin yang baik untuk membantu imunitas tubuh kita

Dalam kondisi sekarang, Badan Kesehatan Dunia mensyaratkan memberikan perlindungan 50 persen saja melalui vaksin sudah bisa dilakukan. TEMPO.CO, Jakarta – Pasca program vaksinasi di Indonesia, penyebaran Covid-19 masih belum turun signifikan. “Masalah Covid-19 di Indonesia masih belum dapat diatasi sesuai harapan,” kata Dokter Spesialis Paru, Erlina Burhan. Kunyit ialah salah satu bumbu dapur dengan sifat antiinflamasi yang kuat. Bahan tersebut baik untuk dimasukkan ke dalam makanan ataupun minuman natural.

Protokol kesehatan 5M dan vaksinasi adalah kombinasi yang tidak dapat dipisahkan, keduanya harus berjalan bersinergi agar pandemi covid-19 dapat berakhir. Pada kesempatan berbeda, Menteri Agama, Yaqut Choli Qoumas menerbitkan instruksi Nomor 01 tahun 2021 tentang gerakan sosialisasi penerapan protokol kesehatan 5M yang merupakan tindak lanjut dari perintah Presiden Joko Widodo. Banyak ahli menilai bahwa protokol kesehatan yang harus dilakukan tidak cukup hanya menerapkan 3M tetapi harus ditingkatkan menjadi 5M. Koordinasi penting agar bisa segera membantu program percepatan vaksinasi pemerintah.

Antibodi yang spesifik dan kuat ini juga menandakan sistem kekebalan tubuh atau imunitas menjadi baik dalam melawan infeksi patogen atau organisme jahat yang menyerang tubuh dari dalam. Vaksin akan bekerja ketika dimasukkan ke dalam tubuh baik melalui jalur suntikan, oral ataupun intranasal. Eric Antonius, Brand Manager PT Kalbe Farma Tb mengatakan konsumsi multivitamin dapat dilakukan tidak hanya dengan cara konsumsi tablet mulvitamin sehari-hari tetapi bisa dengan cara disuntik. Selain itu, terdapat efek samping dari vaksin yang bisa saja membuat kondisi tubuh kita menjadi lemah lantaran imunitas tubuh masing-masing orang berbeda. Kelebihan konsumsi multivitamin dengan cara disuntik adalah penyerapan vitamin dan efek yang relatif lebih cepat, tidak melukai asam lambung dan harga relatif terjangkau. “Contohnya bagi penderita maag yang biasanya sangat tidak sanggup dalam mengkonsumsi vitamin C dalam dosis yang besar,” tambahnya.

Sedangkan dilansir dari Medical News Today, gejala utama orang yang memiliki sistem kekebalan yang lemah adalah kerentanan terhadap infeksi. Orang dengan imunitas yang lemah mungkin juga sedang menghadapi infeksi yang tidak akan didapat oleh orang dengan sistem kekebalan yang lebih kuat. Orang dengan kekebalan tubuh rendah atau lemah juga lebih berisiko tertular COVID-19 yang bisa mematikan serta terkena penyakit dari virus, bakteri dan patogen lainnya. Seseorang dengan sistem kekebalan yang lemah mungkin lebih mudah terkena infeksi. Seseorang dengan imunitas tubuh yang lemah juga memiliki kemungkinan besar terkena infeksi lebih sering daripada kebanyakan orang lain.

Mengonsumsi makanan tertentu bisa meningkatkan sistem imun tubuh, khususnya di tengah pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih belum berakhir. Zinc tidak terlalu menjadi perhatian dibanding vitamin atau mineral lainnya tetapi diperlukan oleh sistem kekebalan tubuh agar dapat bekerja dengan baik. Interaksi berbagai sel dengan fungsinya masing-masing berguna untuk merespons berbagai kuman/mikroba yang menyerang sistem imun. Namun, hingga kini, belum ada ahli atau peneliti yang bisa memperoleh jawabannya.