Three Tips Menabung Untuk Renovasi Rumah Sebelum Lebaran

Saat di mana ekonomi tengah memburuk dan inflasi yang naik, biaya hidup pun terus meroket dan telah membuat hidup lebih sulit dari sebelumnya. Kebanyakan orang gagal menabung karena mereka tidak membelanjakan uang dengan sadar. Akhirnya, mereka banyak yang terjebak ketidaktahuan tentang aliran keuangan mereka sendiri. Dengan membiasakan diri disiplin mencatat arus uang, Anda pun lebih bersemangat untuk disiplin menabung. Punya banyak tujuan namun kalau gak didukung dengan tabungan yang cukup buat apa?

Jangan sampai utang dengan teman sendiri, karena kita belum tau kapan bisa melunaskannya. Dengan mencatat pengeluaran ini, kamu bisa meminimalisir pembelian yang nggak penting. Cocok untuk kamu yang masih kuliah ataupun yang sudah berkeluarga, karena pengeluaran keluarga tentu akan lebih banyak daripada yang masih lajang dan merdeka dari beban finansial. Banyak orang ingin menggunakan uang mereka untuk membayar pensiun, pendidikan, hadiah, atau liburan. Kami adalah perusahaan keuangan yang menawarkan produk pendanaan khusus untuk pendidikan agar generasi muda Indonesia dapat mewujudkan masa depan yang cerah. Jika sewaktu-waktu menang arisan, Anda bisa langsung menyimpannya ke dalam simpanan darurat atau diinvestasikan misalnya dengan membeli emas.

Memiliki tujuan untuk setiap uang memang penting, tapi menjalani hidup adalah alternatif yang lebih memuaskan. Mengetahui sudut pandang keuangan Anda akan memungkinkan Anda untuk lebih mudah melacak pengeluaran, sekaligus mengobati diri sendiri. Anda harus memiliki tujuan untuk setiap uang yang Anda hasilkan. Berhenti jatuh ke dalam perangkap membeli produk yang tidak berguna karena propaganda dan iklan. Banyak orang gagal menabung karena tidak tahan melihat uang mengendap di rekening. Menabung memang membawa untung karena ia bisa dijadikan dana darurat, dimana begitu kamu butuh, kamu bisa menarik uang kapan saja dari tabungan.

Saya rasa hampir semua warung menerimanya karena digunakan untuk uang kembalian orang lain. Misalnya, nih, kamu dikasih uang jajan perminggu sekitar seratus lima puluh ribu rupiah. Berarti, setiap hari sekolah kamu memiliki uang jajan sekitar tiga puluh ribu. Nah, tiga puluh ribu itu bisa kamu bagi misalnya untuk uang transportasi pulang pergi sebanyak sepuluh ribu dan uang makan sepuluh ribu.

Tips untuk menabung

Jumlah dana darurat yang harus dipersiapkan sangat bergantung pada jenis profesi dan jumlah tanggungan Anda. Seorang yang sudah menikah dan punya satu tanggungan, disarankan untuk memiliki dana darurat minimal enam kali pengeluaran bulanan. Pilih tabungan otomatis atau tabungan rencana dengan sistem auto debit yang langsung memotong uang dari rekening Anda setiap bulannya.

Pertama dengan menabung uang hingga mencapai jumlah tertentu, kemudian ambil dan belikan emas. Emas tersebut itulah yang akan kamu simpan dalam waktu yang lama. Sebaiknya kamu membuat daftar barang yang akan dibeli sebelum berbelanja. Dengan begini, kamu tidak menghabiskan waktu terlalu banyak untuk melihat-lihat produk lain dan memastikan tidak ada kebutuhan yang lupa dibeli. Anda bisa membiasakan diri untuk mengurangi pengeluaran yang tidak terlalu penting. Anda juga dapat berusaha mencari alternatif penghasilan tambahan lain, misalnya dengan memanfaatkan keahlian Anda dan bekerja sebagai freelance di perusahaan lain.

Tentukan juga besaran yang menurut Anda masih masuk akal, paling tidak 10 persen dari pendapatan. Gaji Anda otomatis dipotong tiap bulan, dan Anda pun tidak akan merasa sedang menabung. Kalau mengikuti hasrat, tentunya kita ingin foya-foya dan beli semua barang yang kita inginkan. Itu sebabnya, kita harus punya batasan dan memaksakan diri untuk menabung. Misal, liburan ke Raja Ampat, lalu bayangkan diri Anda santai-santai di sana tanpa perlu berutang.