Pentingnya Menjaga Imunitas Tubuh Setelah Vaksin Covid 19

Untuk menciptakan antibodi yang dapat bertahan lama dan membentuk sel memori, beberapa vaksin membutuhkan beberapa dosis. Menurut Dr. Sonpal, buah dan sayuran yang kaya nutrisi dapat membantu memperkuat sistem kekebalan dan memungkinkan tubuh melawan penyakit dengan lebih baik. Secara khusus, buah dan sayuran yang kaya vitamin C dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak sel darah putih yang melawan infeksi dan penyakit. Vaksinasi yang disebut bisa mencegah seseorang dari terjangkitnya virus kemudian jadi alasan sebagian orang mulai ‘mengendorkan’ protokol kesehatan. Tak sedikit orang yang menghentikan konsumsi suplemen saat sudah disuntik vaksin Covid-19. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa olahraga ringan dapat meningkatkan fungsi sistem imunitas tubuh3,four.

Secara umum, instruksi tersebut meminta ASN di lingkup Kemenag untuk menjadi teladan dalam penerapan 5M pada setiap aktifitas di kantor maupun di luar kantor. Selain itu, ASN juga harus aktif dalam sosialisasi dan penerapan disiplin protokol kesehatan di lingkungan satkernya, termasuk dengan melibatkan tokoh agama dan masyarakat. ASN Kemenag juga diminta meminimalisir kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan banyak orang. Ia berpendapat, berhubunagn seks tak ubahnya seperti berolahraga yang bisa bermanfat untuk kesehatan jantung, paru dan kekebalan tubuh. Menariknya lagi, manfaat kekebalan tubuh itu bisa diperoleh lewat dua cara, orgasme bersama pasangan atau orgasme sendirian alias masturbasi.

Vaksin yang baik untuk membantu imunitas tubuh kita

Selama lima hari di rumah itu, lanjut Ganjar, orang tua dan anak-anak semestinya dilarang keluar rumah. Hanya untuk keperluan yang benar-benar penting, lanjutnya, masyarakat dapat bepergian. Usulan ini tentu saja masih harus memperoleh persetujuan dari pemerintah kabupaten setempat. Dua metode pertama, yaitu virus yang dilemahkan dan virus yang inaktif didapat dengan menumbuhkan virus di laboratorium atau pabrik.

Di dalam vaksin terdapat berbagai produk biologi, dan bagian dari virus atau bakteri, maupun virus atau bakteri yang sudah dilemahkan. Nah, produk inilah yang berguna untuk merangsang munculnya antibodi atau kekebalan tubuh. Termasuk untuk mereka yang mengonsumsi antibiotika, respon imun atau kemampuan untuk membentuk antibodi juga turun.

Vaksin ini menciptakan imunitas ke bagian dari bakteri atau virus yang menyebabkan penyakit, bukan terhadap bakteri atau vaksin itu sendiri. Vaksinasi biasanya dilakukan di rumah sakit, klinik, atau puskesmas setempat. Herd immunity ini akan memutus mata rantai pandemi Covid-19, seiring dengan semakin banyak orang yang divaksinasi. Untuk menghentikan pandemi, seluruh sumber daya tentu harus dikerahkan dengan sebaik-baiknya. Menerima vaksinasi dan tetap menjaga diri dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan akan mengoptimalkan kemungkinan pandemi ini segera berakhir.

Berkaitan dengan potensi propolis dalam mencegah infeksi SARS-Cov-2, maka propolis memiliki beberapa aktivitas yang relavan. Aktivitas imunostimulan dari propolis sudah banyak diteliti dan dipublikasikan di banyak jurnal. Aktivasi sistem imun oleh propolis diharapkan mampu melindungi seseorang dari infeksi virus atau meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang sehingga tidak mudah sakit atau menderita keparahan ketika infeksi datang. Kedua, propolis juga memiliki aktivitas antivirus dengan mencegah replikasi beberapa virus, termasuk virus tipe korona seperti virus influenza . Bahkan propolis memiliki aktivitas virusidal dengan merusak “amplop” virus HSV dan VSV . IL-6 merupakan sitokin yang terlibat dalam badai sitokin pada infeksi SARS-Cov-2, sehingga hasil penelitian ini menunjukkan bahwa propolis memiliki potensi untuk digunakan dalam pencegahan infeksi SARS-Covid-2.