Cara Dapat Vaksin Covid

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono hadir menyaksikan langsung proses simulasi vaksinasi. Menurutnya, digelarnya simulasi supaya saat hari-H pelaksanaan vaksinasi para petugas sudah memahami tugasnya masing-masing sehingga berjalan lancar. Untuk tahap awal, setidaknya ada 5.500 nakes yang terdaftar dalam program vaksinasi Covid-19.

Untuk para pengidap HIV-AIDS yang minum obat secara teratur, vaksinasi bisa dilakukan. Bagi pengidap penyakit epilepsi atau ayan, vaksinasi bisa dilakukan jika dalam keadaan terkontrol. Jika sedang mendapat terapi kanker, maka diwajibkan untuk membawa surat keterangan layak divaksinasi dari dokter yang merawat. Dari berbagai sumber yang memprediksi, vaksin COVID-19 AstraZeneca ini dijual dengan harga US$3-US$5.25 atau sekitar Rp 42 ribu sampai 70 ribu per dosis. Harga yang lebih ekonomis ini juga menjadi salah satu keunggulan vaksin AstraZeneca.

Dimana kita bisa mendapatkan vaksin

Oleh sebab itu, meskipun banyak beredar isu-isu seputar vaksin yang belum jelas kebenarannya, Anda tidak perlu ragu atau takut untuk menjalani vaksinasi COVID-19. Maka dari itu, ada beberapa kelompok yang diprioritaskan untuk mendapat vaksin COVID-19 terlebih dahulu. Pemberian vaksin merupakan salah satu upaya yang dinilai paling efektif untuk mengatasi pandemi COVID-19 yang masih terus berlangsung. Mari ketahui apa saja manfaat vaksin COVID-19 dan siapa yang perlu lebih dulu mendapatkannya.

Jumlah nakes rata-rata pada satu pos penyuntikan akan ada satu tim yang berisi lima hingga tujuh orang. Terdiri dari bagian pendaftaran, screening, pencatatan pelaporan termasuk vaksinator. “Kalau vaksinator yang bisa melakukan adalah dokter, perawat atau bidan,” ucapnya.

Dalam penjualannya nanti akan dilakukan lewat beberapa channel baik online maupun offline. Dia juga mengatakan, jika vaksin ini merupakan salah satu fakta strategi utama masalah pandemi, yang mana untuk mendapatkan vaksin itu dibutuhkan waktu lebih 12 bulan. Baik pasien yang terkonfirmasi Covid-19, maupun pasien dengan penyakit lainya,” imbuhnya. Sedangkan untuk tenaga publik, harus mendaftar melalui masing-masing instansi dan organisasi yang menaungi. “Untuk mendaftar bisa melalui oline di pekanbaru.kemenkes.go.id atau di web site peduli lindungi,” kata Mimi Yuliani Nazir.

Kemudian, aparatur kementerian/lembaga, aparatur organisasi perangkat Pemerintah Daerah, dan anggota legislatif; masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi; dan masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya. Apabila ada tiga atau lebih dari poin di atas yang dialami lansia, maka vaksin tidak bisa diberikan. Namun, jika hanya mengalami dua, lansia tetap akan mendapatkan vaksin.

Saat ini pemerintah, termasuk di Riau masih terus melakukan program paksinasi yang dicanangkan sejak Februari 2021 lalu. Sembari menyuntikkan vaksin ke banyak orang, ternyata sampai sekarang tidak ditemui kejadian ikutan pascaimunisasi yang parah. Pembuluh darah yang tidak normal cenderung menghasilkan tekanan darah yang tidak normal pula. Pasalnya, gula darah yang tinggi akan merusak organ-organ lain di dalam tubuh, tak terkecuali pembuluh darah. Fungsi utama vaksinasi Covid-19 adalah untuk mencegah seseorang menjadi sakit karena Covid-19.