Cara Daftar Vaksinasi Tahap Ii Untuk Lansia

Bisa pula melakukan pengecekan dan registrasi melalui layanan Peduli Lindungi dengan aplikasi dan situs web. Dilansir dalam ANTARA pada 17 Mei 2021, Arya Sinulingga menyebut sudah ada 1 juta vaksin Sinopharm yang tiba di Indonesia pada akhir April lalu untuk digunakan dalam pelaksanaan vaksinasi gotong royong. Vaksinasi akan diselenggarakan di fasilitas kesehatan masyarakat baik di Puskesmas maupun rumah sakit milik pemerintah dan swasta. Febri menjelaskan, setelah mengisi data, warga akan menerima SMS dari Dinkes untuk menginformasikan jadwal pelaksanaan vaksinasi.

Plt Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Palembang, dr. Mirza Susanty mengatakan, vaksinasi COVID-19 di fase awal akan dilakukan dengan memprioritaskan daerah Jawa dan Bali. Pada tahap three di mulai pada bulan mei – juli 2021 untuk masyarakat rentan yang tinggal di wilayah berisiko tinggi dan pada tahap ke 4 dimulai pada bulan agustus- desember 2021 untuk Masyarakat dan pelaku ekonomi lainnya. Program vaksinasi ini terbuka bagi lansia dengan KTP DKI Jakarta maupun non DKI Jakarta terhitung mulai 22 Maret 2021. IDXChannel – Covid-19 menjadi salah satu hal yang paling dinantikan semua masyarakat di masa pandemi. Pendaftaran ini tidak menjamin bahwa setiap pasien dapat memperoleh vaksinasi . Pre-registrasi ini bertujuan untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin melaksanakan vaksin Covid-19.

Silahkan lakukan pendaftaran di bit.ly/VAKSINCOVIDCIPSEL terlebih dahulu. Bawa KTP Cipete Selatan atau surat keterangan domisili dari RT/RW Setempat, kartu BPJS , dan alat tulis pribadi. Mendaftar online Peserta dapat mengunjungi situs resmi Kemenkes , sehatnegeriku.kemkes.go.id, atau situs resmi Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional covid19.go.id. Di dalamnya terdapat daftar tautan yang dapat dipilih sesuai lokasi tinggal. Peserta juga dapat meminta bantuan anggota keluarga atau pengurus RT/RW setempat bila merasa kesulitan. “Nantinya organisasi dan instansi yang sudah menjalin kerja sama akan menentukan jadwal termasuk hari, waktu, serta lokasi pelaksanaan vaksinasi. Sama seperti teknis mandiri,” jelas dia.

Pendaftaran bisa dilakukan secara perorangan maupun secara kolektif. Selain menteri dan petinggi negara juga menerima suntikan perdana vaksin CoronaVac dari Sinovac, China. Peserta yang mendapat jatah vaksin dan lolos skrining awal akan mendapat vaksin pertama dan kedua dengan jarak 28 hari. Untuk mendaftar, lakukan pendaftaran melalui aplikasi My Siloam yang bisa diunggah pada tautan onelink.to/sdkwud. Pilih menu ‘Vaksin C-19’ dan pilih kelompok vaksin program pemerintah.

Selain peninjauan Wali Kota Medan juga melakukan pertemuan guna memaksimalkan pelaksanaan Vaksinasi Drive Thru yang akan digelar Rabu (7/4) dan direncanakan akan dihadiri Kapolri dan Panglima TNI. Aplikasi ini digunakan untuk meningkatkan pelayanan faskes dalam melayani peserta yang berobat menggunakan kartu BPJS. Mereka yang ingin berobat dapat menggunakan Primary Care BPJS Kesehatan untuk melakukan pendaftaran, berobat hingga menerima pelayanan laboratorium.

Juru bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito memastikan sistem antrean akan diperbaiki. Diharapkan, kejadian viral antrean lansia yang hendak mengikuti vaksinasi tidak terulang di kemudian hari. Cara untuk mendapatkan vaksinasi ini cukup mudah, yakni datang ke lokasi dan mengambil nomor antrean.

Cara mendaftar, dan mendapatkan vaksin

Lansia disebut hanya cukup menanti informasi vaksinasi dari petugas kesehatan atau pemda setempat. Hadirnya layanan ini merupakan bentuk kerja sama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan sektor swasta dalam menyediakan layanan registrasi dan penjadwalan daring vaksinasi COVID-19. Tahap 2 dengan waktu pelaksanaan Januari-April 2021 Sasaran vaksinasi Covid-19 tahap 2. Bagi mereka yang datang tanpa mendaftar atau peserta yang datang di luar jadwal tidak akan dilayani. E-voucher yang diterima bukan jaminan untuk mendapat vaksinasi karena akan diverifikasi ulang oleh sistem P-Care. Satu pendamping (Usia tahun) yang membawa dua lansia untuk di vaksinasi Covid-19 BBPK Hang Jebat Jakarta, juga akan menerima vaksinasi Covid-19.

Calon peserta tidak memiliki kelainan atau penyakit kronis, seperti gangguan jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit ginjal dan hati, tumor, epilepsi atau gangguan syaraf lainnya. Calon peserta tidak mengalami penyakit ringan, sedang, atau berat, termasuk asma dan alergi terhadap vaksin. Calon peserta tidak memiliki riwayat terinfeksi corona dan wajib melakukan uji cepat dan usap .

Skrining dapat dilakukan secara mandiri di rumah masing-masing atau di Posyandu lansia/ Posbindu PTM/ Puskesmas, Rumah sakit, Dokter Praktik, atau tempat lain yang disepakati bersama. Khusus untuk vaksin bantuan pemerintah, terdapat masyarakat yang mendapatkan prioritas. Mereka adalah anggota TNI/Polri, tenaga kesehatan, dan penegak protokol kesehatan lainnya. Masyarakat yang di luar latar belakang itu, diharapkan untuk bisa masuk dalam jenis vaksin mandiri. Selaras dengan itu, Direktur Rumah Sakit Al-Islam, Muhammad Iqbal mengatakan, setelah mendapatkan information dari Dinas Kesehatan Kota Bandung, para lansia akan dihubungi untuk diberikan jadwal pelaksanaan vaksinasi. Setelah mengisi data, warga akan menerima SMS dari Dinkes untuk menginformasikan jadwal pelaksanaan vaksinasi.

“Kami berharap tim medis yang telah dengan sangat berani berada di garda terdepan selama hampir satu tahun, akan mendapat proses yang aman dan mudah dalam mendaftarkan diri untuk mendapatkan vaksin,” ujar Victoria Grand. Vice President Kebijakan dan Komunikasi Whatsapp, Victoria Grand mengatakan registrasi melalui chatbot WA merupakan pertama kalinya di dunia untuk pendaftaran vaksin. Namun, perlu diingat bahwa ada kelompok orang dengan kondisi tertentu yang tidak boleh divaksin.